JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Permasalahan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Percut Pada Kelas X-7

Siregar, Alya Anugrah (Unknown)
Barus, Dea Natalia (Unknown)
Gultom, Dita Zahara (Unknown)
Munthe, Gabriella (Unknown)
Pasaribu, Khairina Hafiza (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam penggunaan media pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan satu guru biologi dan 31 siswa kelas X-7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun media pembelajaran seperti laptop dan infokus telah digunakan, masih terdapat tantangan signifikan, seperti rendahnya minat dan antusiasme siswa dalam belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan variasi media dan strategi interaktif untuk lebih meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi. Banyak siswa merasa kurang terlibat karena kurangnya variasi media dan interaktivitas dalam pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif dan antusias terhadap penggunaan media tersebut, meskipun masih terdapat sebagian kecil siswa yang kurang berminat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...