Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian pada materi Grup Abelian berdasarkan perspektif teori Kastolan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 11 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang terdiri dari empat soal pembuktian matematis serta dianalisis berdasarkan tiga kategori kesalahan menurut teori Kastolan, yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual menjadi yang paling dominan dengan persentase sebesar 63%, diikuti oleh kesalahan prosedural sebesar 54%, dan kesalahan teknis sebesar 45%. Faktor utama penyebab kesalahan adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar grup Abelian, kelemahan dalam menyusun langkah-langkah pembuktian secara sistematis, serta kesalahan dalam manipulasi aljabar. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif, seperti penggunaan pendekatan berbasis konsep dan scaffolding, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menyusun pembuktian matematis secara lebih sistematis dan logis.
Copyrights © 2025