JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik di Era Pendidikan Modern

Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Gaol, Meita Krisnadia Lumban (Unknown)
Hutapea, Naomi Priska Aprilia (Unknown)
Ginting, Hanny Pebri Olivia (Unknown)
Nst, Zahra Fadila (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran tematik, yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu ke dalam satu tema relevan, bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan meningkatkan keterlibatan siswa. Dalam konteks ini, guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendukung siswa dalam proses eksplorasi dan interaksi sosial, sejalan dengan teori konstruktivisme yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Meskipun guru telah menjalankan perannya, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu, beban administratif, dan kurangnya dukungan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi peran guru sebagai fasilitator dapat dilakukan melalui pelatihan profesional, peningkatan dukungan teknologi, dan kolaborasi dengan orang tua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dalam aspek pendidikan berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...