Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumtif terhadap hasil belajar afektif pada komunitas K-Pop di Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi penelitian seluruh anggota komunitas K-Pop Carat Home di Garut dengan jumlah 40 anggota. Penenelitian ini memanfaatkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji linearitas), dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara perilaku konsumtif (X) terhadap hasil belajar afektif (Y), diindikasikan oleh nilai koefisien perilaku konsumtif 0,671 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Perilaku Konsumtif, maka nilai Hasil Belajar Afektif bertambah sebesar 0,671. Meskipun dalam hasil regresi sederhana menunjukkan pengaruh positif, namun pada penelitian ini menunjukkan fenomena selective learning yang di mana individu lebih memusatkan perhatian sumber daya belajar hanya pada topik yang menarik minat secara pribadi, dalam penelitian ini anggota komunitas lebih antusias mempelajari budaya K-Pop dibanding materi pembelajaran umum.
Copyrights © 2025