JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Gaya Belajar dalam Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas V SD Islam Plus Muhajirin

Nurpiana, Lupi (Unknown)
Yustiana, Sari (Unknown)
Ulia, Nuhyal (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Gaya belajar sangat penting dalam proses pembelajaran bagi setiap peserta didik yang memiliki keberagaman. Ketika guru dapat memetakan kemampuan setiap peserta didik, maka seorang guru dapat lebih mudah untuk mempersiapkan pembelajaran yang efektif (Sulastini et all., 2023). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis gaya belajar peserta didik kelas V dalam model pembelajaran berdiferensiasi di SD Islam Plus Muhajirin, sehingga peserta didik memiliki kesempatan belajar yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan gaya belajar masing-masing. Praktik pembelajaran penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menunjukkan analisis gaya belajat peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Islam Plus Muhajirin khususnya di kelas V yang berjumlah 19 orang, 6 orang kriteria gaya belajar visual dengan persentase 31,58%, 9 orang dengan kriteria gaya belajar auditori dengan persentase 47,37%, dan 4 orang kriteria gaya belajar kinestetik dengan persentase 21,05%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...