JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Grup dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar

Situmorang, Glory Indah (Unknown)
Pangaribuan, Sherly Octavia (Unknown)
Manurung, Sri Lestari (Unknown)
Sitorus, Tabhita Yolanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap konsep matematis dalam menyelesaikan soal kelompok pada mata kuliah Struktur Aljabar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Medan untuk Tahun Akademik 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian yang menilai pemahaman berdasarkan lima indikator utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman mahasiswa berada pada kategori Baik (74,25%), dengan capaian tertinggi pada indikator klasifikasi sifat grup (87,50%) dan pemberian contoh (81,25%). Namun, pemahaman pada indikator pernyataan ulang konsep (67,5%) dan representasi konsep (66,25%) masih tergolong rendah. Analisis kesalahan mengidentifikasi tiga jenis utama: kesalahan konseptual, prosedural, dan teknis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...