JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pelaksanaan Program Tasmi’ Al-Qur’an di SMA Islam Terpadu (IT) Izzuddin Palembang

Mareta, Ega (Unknown)
Niswah, Choirun (Unknown)
Kanada, Rabial (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program tasmi’ Al-Qur’an di SMA Islam Terpadu (IT) Izzuddin Palembang dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan. Metode peneliti yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci yaitu koordinator tahfidz dan siswa/i, juga informan pendukung yaitu guru tahfidz dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program tasmi’ Al-Qur’an di SMA Islam Terpadu (IT) Izzuddin Palembang ini sudah terlaksana dengan baik, terlihat dengan adanya pemberian pengarahan, koordinasi, motivasi, dan komunikasi pada pelaksanaan program tasmi’ Al-Qur’an yang berkelanjutan. Adapun faktor pendukung pelaksanaan program tasmi’ Al-Qur’an yaitu fasilitas yang memadai dan motivasi siswa yang tinggi. Kemudian faktor penghambat pelaksanaan program tasmi’ Al-Qur’an yaitu timbulnya rasa malas dalam diri siswa/i dalam menghafal Al-Qur’an sehingga nantinya menyebabkan mereka terlambat untuk mengikuti program tasmi’ Al-Qur’an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...