JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Evaluasi Modul Pembelajaran IPS dan Strategi Pengajaran di SMP Negeri 10 Medan

Andini, Syarifah (Unknown)
Zahwa, Afitzka Al (Unknown)
Asmara, Widya (Unknown)
Purba, Tondang Raja Pangihutan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Pendidikan adalah fondasi utama dalam pengembangan potensi sumber daya manusia. Dalam konteks ini, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) memegang peranan penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang masyarakat dan lingkungan di sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi modul pembelajaran IPS serta strategi pengajaran yang diterapkan di SMP Negeri 10 Medan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan studi literatur, analisis modul, wawancara dengan guru, dan observasi proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul IPS memiliki sejumlah keunggulan, antara lain struktur yang teratur, relevansi materi, serta metode pembelajaran yang variatif. Namun, terdapat juga beberapa kekurangan, seperti minimnya pengayaan untuk siswa dengan kemampuan istimewa dan keterbatasan praktik lapangan. Semoga penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang berguna untuk pengembangan modul yang lebih adaptif dan inovatif, selaras dengan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, pendidikan IPS di SMP diharapkan dapat menjadi lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...