Pembelajaran teks prosedur dalam bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kali menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap struktur teks prosedur. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media Smart Envelope, yang memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan teks prosedur melalui aktivitas menyusun langkah-langkah dalam urutan yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis efektivitas Smart Envelope dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks prosedur pada materi Foods and Drinks di SD Swasta Attaufiq Medan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan tes pretest-posttest untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart Envelope meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata peningkatan skor 32,93%. Selain itu, siswa menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran berbasis buku teks dan ceramah. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa Smart Envelope merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman teks prosedur di sekolah dasar.
Copyrights © 2025