JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Aprilia, Tania (Unknown)
Adrias, Adrias (Unknown)
Putri Zulkarnaini, Aissy (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Pendidikan Pancasila mempunyai peranan krusial untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar. Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini diharapkan dapat melahirkan generasi yang berkarakter kuat, berintegritas, dan memiliki rasa bangga yang tinggi. Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter siswa SD. Metode yang diterapkan pada ini ialah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dari berbagai literatur terkait. Temuan studi menjabarkan bahwa pendidikan Pancasila berperan signifikan dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman nilai-nilai agama, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial. Pelaksanaan pendidikan Pancasila dapat dilakukan melalui pembelajaran terpadu, kegiatan ekstrakurikuler, dan proyek penguatan profil siswa Pancasila. Namun demikian, ada berbagai permasalahan seperti keterbatasan sumber daya lahan, kompetensi guru, dan pengaruh lingkungan sosial. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi guru, pengembangan bahan ajar yang relevan, dan kolaborasi antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat untuk mengatasi tantangan tersebut. Maka, pendidikan Pancasila mempunyai fungsi krusial dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar yang memiliki integritas dan rasa kebangsaan yang tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...