JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SDN 34/I Teratai

S, Rizki Eka (Unknown)
Ilaina, Shofy (Unknown)
Wulandari, Putri (Unknown)
Sari, Maya (Unknown)
Natasya, Lusha (Unknown)
Khoirunnisa, Khoirunnisa (Unknown)
Sofwan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengatasi masalah karena Pelajaran IPS yang terlalu luas sehingga peserta didik kesulitan untuk mengingat materi yang di pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPS Kelas III Di SDN 34/I Muara Bulian. Hasil penelitian ditandai indikator hasil belajar IPS yang meningkat dari siklus I pertemuan pertama pada kategori kurang yaitu 64%, siklus I pertemuan kedua kategori cukup dengan persentase 72%, meningkat menjadi kategori baik yakni 83% di pertemuan satu di siklus II, hingga akhirnya naik menjadi kategori sangat baik dan mendapat persentase rata-rata 93% di siklus II pada pertemuan kedua. Hal tersebut membuktikan model PJBL yang diterapkan pada pembelajaran IPS pada materi keragaman budaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...