JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Modul Ajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah SMP Negeri 13 Medan Kecamatan Medan Area

Luahambowo, Kerin Sisca Octaviani (Unknown)
Simare-mare, Ermas (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)
Harefa, Sri Aswinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas modul ajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 13 Medan, Kecamatan Medan Area. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, penelitian ini melibatkan guru IPS dan siswa kelas VIII sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan analisis isi modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar IPS sebagian besar sesuai dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, namun masih terdapat beberapa kelemahan, seperti penggunaan bahasa yang terlalu akademis, kurangnya variasi metode pembelajaran, dan minimnya penggunaan media visual. Selain itu, evaluasi dalam bentuk latihan soal cenderung berfokus pada hafalan, dengan sedikit soal yang mendorong keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan dalam penyusunan modul ajar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran IPS di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...