Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan toleransi dan mencegah diskriminasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Medan (Unimed). Diskriminasi, yang didefinisikan sebagai perlakuan tidak adil berdasarkan perbedaan, mengancam keharmonisan dan kohesi sosial kampus. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana internalisasi setiap sila Pancasila dapat mewujudkan tindakan toleran dan mencegah diskriminasi berdasarkan agama, ras, etnis, gender, status sosial, dan lainnya, sesuai dengan amanat UndangUndang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Selain itu, studi ini mengidentifikasi strategi implementasi nilai-nilai Pancasila, termasuk integrasi kurikulum, peningkatan kesadaran mahasiswa, kebijakan yang adil, pembentukan komunitas inklusif, dan mekanisme pengaduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila secara komprehensif merupakan fondasi krusial dalam menciptakan lingkungan akademik yang toleran, inklusif, dan bebas dari diskriminasi di FIP Unimed, sejalan dengan urgensi penanaman sikap toleran di kalangan mahasiswa.
Copyrights © 2025