JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Tingkat Keterampilan Servis Pendek Backhand Bulutangkis Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Petir Tahun 2025

Irawan, Yogi Ferdy (Unknown)
Junedi, Junedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan servis pendek backhand bulutangkis pada siswa kelas IV MI Ma'arif Petir tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Ma'arif Petir yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan servis pendek backhand bulutangkis yang dikembangkan oleh Poole (2019) dengan validitas 0,85 dan reliabilitas 0,90. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan servis pendek backhand bulutangkis pada siswa kelas IV MI Ma'arif Petir tahun 2025 berada pada kategori "sangat baik" sebesar 8,33% (4 siswa), kategori "baik" sebesar 16,67% (8 siswa), kategori "cukup" sebesar 45,83% (22 siswa), kategori "kurang" sebesar 20,83% (10 siswa), dan kategori "sangat kurang" sebesar 8,33% (4 siswa). Berdasarkan nilai rata-rata skor, keterampilan servis pendek backhand siswa secara keseluruhan masuk dalam kategori "cukup" dengan persentase terbesar pada kategori tersebut. Perbedaan signifikan ditemukan antara keterampilan siswa laki-laki dan perempuan, dengan siswa laki-laki menunjukkan performa yang lebih baik. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan pembelajaran teknik dasar bulutangkis terutama servis pendek backhand melalui metode yang lebih efektif dan latihan yang konsisten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...