Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2025): TEMATIK: Jurnal Konten Pendidikan Matematika

Eksplorasi Etnomatematika Gardu Soblok Wirowongso Jember Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Matematika Kontekstual

Qoyyimah, Annisaul (Unknown)
Maswar, Maswar (Unknown)
Saiful, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika gardu soblok dalam perspektif Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pembelajaran matematika kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografis. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas atau kepercayaaan terhadap data hasil penelitian yang mencakup perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsep matematika pada gardu soblok, yaitu konsep geometri bangun datar (persegi, segitiga, lingkaran) dan bangun ruang (tabung, kerucut, bola dan prisma). Konsep tersebut relevan dengan pembelajaran matematika dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika kontekstual. Gardu soblok merupakan contoh dari orkesta matematika yang kompleks dan sarat nilai berkaitan dengan agama, moral, dan budaya nusantara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Mechanical Engineering

Description

Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika is an information of scientific articles in the form of research, research and development, quantitative, qualitative, experiment, correlation and regression, application of the theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field of ...