Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 1 (2025): Vol. 12, No. 1, Februari 2025

Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Mengajar

Anita Kusumawardhani (Unknown)
Aisyah Khairunissa (Unknown)
Nandang Budiman (Unknown)
Sardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi kerja pendidik yang valid dan reliable diterapkan pada guru di Indonesia. Metodenya menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menemukan hubungan antara korelasi dan regresi, dimana proses pengumpulan datanya menggunakan pola kuesioner. Proses pengukuran kecerdasan spiritual dan modifikasi diujicobakan pada 104 sampel guru di Bandung, Garut, Tangerang dan Lubuk Linggau. Hasil penelitian menggunakan alat ukur kecerdasan spiritual sebanyak 24 aitem dan modifikasi kerja pendidik sebanyak 18 aitem. Berdasarkan hasil uji regresi linier, kecerdasan spiritual ditemukan sebagai kekuatan yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi mengajar (p = 0.010). Namun, nilai R² yang relatif kecil (0.127) menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual hanya menjelaskan sekitar 12.7% variasi dalam motivasi mengajar, yang berarti terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi motivasi mengajar yang belum dimasukkan dalam model ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...