Al-Wijdan : Journal of Islamic Education Studies
Vol. 2 No. 1 (2017): Juni 2017

Pandangan Masyarakat Menengah Lapisan Atas Terhadap Madrasah: (Studi Tentang Parental Choice Of Education di MAN Kota Kediri 3 )

hilyah ashoumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Pandangan tentang madrasah selama ini sebagai lembaga pendidikan nomor 2, marginal dan diperuntukkan untuk masyarakat lapisan bawah mulai berangsur punah karena telah kontra produktif dengan fenomena MAN Kota Kediri 3 sebagai madrasah favorit bagi masayarakat menengah lapisan atas di kota Kediri. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah guna mengkroscek kebenaran tersebut. Metode penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai perspektif Emik, yakni suatu pendekatan kualitatif yang berusaha memahami suatu fenomena dengan berangkat dari titik pandang “dari dalam”, “internal”, atau “domestik”. Sehingga peneliti harus melakukan penggalian data kepada sumber data dengan teknik yang memungkinkan sumber data mengungkapkan pemahaman, alasan, pertimbangan dan pengalamannya yang mendasari pemilihannya terhadap lembaga pendidikan sebagai tempat pendidikan putra-putrinya. Hasil dari penelitian ini adalah disebabkan keresahan orang tua tentang kebebasan pergaulan dan globalisasi saat ini memberi efek pada pemilihan lembaga pendidikan yang tidak hanya mengedepankan kualitas intelektual tapi juga karakter anak dan madrasah merupakan solusi sebagaimana MAN 3 Kediri yang mampu membaca peluang kebutuhan orang tua dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sehingga kualitas output madrasah kini berada digarda depan dan tidak lagi bisa di pandang sebelah mata. Kata Kunci: Madrasah, Multiple Choise, Pendidikan, Masyarakat, Orang Tua

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

alwijdan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies is a scientific journal of Islamic education that contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives, including: Islamic Education Management Islamic Education and Peace Character building Islamic ...