Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis E-Modul Seni Budaya pada materi ansambel musik suling bambu siswa kelas VII SMP serta mengetahui kelayakan bahan ajar E-Modul sebagai sumber belajar yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, Tampilan, pengoperasian berdasarkan penilain para ahli. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMPN 3 Mauponggo Satap.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development).Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat pembelajaran 4D.instrumen penelitian yang digunakan yaitu studi pendahuluan dan validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis E-Modul pada materi ansambel musik suling bambu layak digunakan.Kelayakan diperoleh dari validasi ahli materi, desain dan media. Dengan presentasi penilain dari ahli materi sebesar 81,25% dengan kriteria valid, penilaian ahli desain sebesar 75,80% dengan kriteria valid, dan penilaian ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,46% dengan kriteria sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar E-Modul pada materi ansambel musik suling bambu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mauponggo Satap layak digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Copyrights © 2023