RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 1 (2025)

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI: LANDASAN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKUALITAS

Susanti, Susanti (Unknown)
Hasmiza, Hasmiza (Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Artikel ini membahas betapa pentingnya memperbarui kurikulum untuk mewujudkan pendidikan Islam yang berkualitas. Pembaruan kurikulum yang dilakukan memastikan bahwa pendidikan Islam tetap relevan dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman serta kebutuhan perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengembangan kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam, dengan menggali lebih dalam mengenai prinsip-prinsip, landasan, dan tujuannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library research), yang mengkaji berbagai sumber literatur terkait. Kurikulum adalah bagian penting dalam dunia pendidikan yang berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam proses belajar. Secara etimologis, kata "kurikulum" berasal dari bahasa Yunani curere, yang berarti lintasan yang harus ditempuh, sedangkan dalam bahasa Arab dikenal sebagai al-manhaj, yang menggambarkan jalan yang jelas. Kurikulum tidak hanya berisi materi pembelajaran, tetapi juga berperan dalam menjaga nilai budaya, menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, dan mendorong inovasi dalam pendidikan. Pengembangannya harus terus dilakukan agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam Pendidikan Agama Islam, kurikulum memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa agar beriman, bertakwa, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, kurikulum harus dikelola dengan baik agar mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Dengan kurikulum yang kuat dan terarah, pendidikan dapat berjalan lebih efektif, mencetak generasi unggul, dan menjawab tantangan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...