Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV SDIT Al Qonita melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 9 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas pada hasil pretest. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru tercatat 86% dan aktivitas siswa mencapai 69,1%, dengan persentase ketuntasan klasikal pada tes pilihan ganda yang masih belum memenuhi kriteria. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, di mana aktivitas guru dan siswa masing-masing mencapai 92%. Selain itu, ketuntasan klasikal pada siswa meningkat menjadi 85,7%, dengan 18 dari 21 siswa mencapai ketuntasan. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya, dan menyarankan agar model ini terus diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran berikutnya. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Gaya.
Copyrights © 2025