Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 6 Nomor 1, Maret 2025

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PECS DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK DENGAN ASD

Samara, Yufiassyifa Bulan (Unknown)
Husadani, Rizki (Unknown)
Sudrajad, Kiyat (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan yang memengaruhi komunikasi dan interaksi sosial, termasuk keterbatasan kosakata yang berdampak pada kemampuan berkomunikasi. Picture Exchange Communication System (PECS) adalah metode berbasis gambar yang dapat membantu meningkatkan kosakata anak dengan ASD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas PECS dalam meningkatkan kosakata anak dengan ASD di Forum Buah Hati Berseri, Surakarta. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan eksperimen pretest-posttest satu kelompok. Pengukuran dilakukan menggunakan Northwestern Syntax Screening Test (NSST) sebelum dan setelah intervensi. Analisis data menggunakan uji Paired T-Test menunjukkan hasil signifikan (p = 0,000; p < 0,05), yang mengindikasikan peningkatan kosakata secara signifikan setelah penggunaan Picture Exchange Communication System (PECS). Hasil ini menunjukkan bahwa PECS efektif sebagai metode intervensi dalam meningkatkan kosakata anak dengan ASD, sehingga dapat dijadikan alternatif dalam terapi bahasa anak dengan gangguan komunikasi. Kata kunci: Picture Exchange Communication System (PECS), Kosakata, Autism Spectrum Disorder (ASD).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...