Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): May-August 2022

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD DI KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA

Ramli, Ramli (Unknown)
Ilyas, Muhammad (Unknown)
Ma'rufi, Ma'rufi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD di Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi yaitu seluruh siswa kelas IV SD di Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 382 siswa. Sampel yang diambil adalah sebesar 30% dari jumlah populasi atau sebanyak 36 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik, baik analisis statistik deskriptif maupun statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran persepsi siswa tentang fasilitas belajar matematika, berada pada kategori positif. Gambaran persepsi siswa tentang lingkungan keluarga siswa, yaitu berada pada kategori positif. Gambaran hasil belajar matematika siswa, yaitu berada pada kategori hasil belajar sedang. Persepsi siswa tentang fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Persepsi siswa tentang lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...