Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2023): Januari-April 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOCUSKY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Tenriawaru, A. (Unknown)
Nawir, Muhammad (Unknown)
Adam, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran focusky Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 32 Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII D dengan jumlah siswa 16 orang. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik desktiptif dan statistik inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data mengenai perbandingan nilai statistic dan perbandingan kategori hasil belajar telah membuktikan terdapatnya pengaruh positif penggunaan media focusky terhadap hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Makassar dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui analisis statistik deskriptif sebelum menggunakan media focusky rata-rata nilai siswa masih dalam kategori interval rendah dan setelah menggunakan media focusky rata-rata nilai siswa berada pada kategori interval tinggi. Diketahui bahwa nilai rata-rata hasil Pretest yaitu 28,43 dan nilai rata-rata hasil Posttest yaitu 72,5 dimana nilai Posttest lebih besar dari nilai Pretest. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui thitung yang diperoleh adalah 15,69 dengan frekuensi df= 16-1=15, pada taraf signifikan 0,05 atau 5% diperoleh ttabel adalah 1,753. Jadi thitung > ttabel atau H0 ditolak H1 diterima. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media focusky dalam pembelajaran IPA kelas VII D siswa SMP Negeri 32 Makassar memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...