Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2023): September-December 2023

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Ilhamsyah, Ilhamsyah (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi pada siswa pada materi SPLTV dan penyebabnya pada siswa kelas XI I SMA 13 Makassardengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field Dependent (FD) Menurut Sternberg dan Elena (1997), gaya kognitif adalah jembatan antara kecerdasan dan kepribadian. Gaya kognitif field independent adalah kecenderungan siswa dalam belajar yang mempunyai karakteristik belajar secara mandiri dengan mengutamakan kemampuan berpikir analitis dan matematis. Siswa yang memiliki gaya kognitiffield dependent cenderung berpikir secara global, lebih mudah terpengaruh oleh kritik, mereka lebih suka mempelajari ilmu sosial, dan begitu tergantung dengan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, instrument penelitian, yaitu lembar soal tes dan lembar pedoman wawancara. Metode analisis, data menggunakan deskriptif yang dilakukan untuk memperoleh gambaran umum dan menyeluruh tentang situasi sosial yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis miskonsepsi yang terjadi untuk gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) yaitu teori klasifikasional, teoritikal dan korelasional, dengan penyebab utama adalah guru dan sebab khusus yakni komunikasi antara siswa dan guru yang tidak berjalan dengan baik dan metode mengajar hanya ceramah dan meminta anak untuk mencatat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...