Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Model PIMCA Dalam Pembelajaran Statistika: Implementasi Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pusut, Talita (Unknown)
Regar, Vivian E. (Unknown)
Sulistyaningsih, Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan ketrampilan yang penting dimiliki siswa saat ini. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah. Hal ini tentunya mempengaruhi hasil belajar mereka. Terutama pada pembelajaran statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Implementasi Model PIMCA Pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Gemeh di Bannada. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen yaitu metode penelitian yang mempunyai kelompok Eksperimen dan Kontrol, dengan menggunakan sampel 40 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan metode Pembelajaran PIMCA dapat mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika materi statistika pada Kelas VIII SMPN 3 Gemeh Bennada. Hal ini dapat ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis ditemukan nilai thitung > ttabel (3.529 > 1.686) dengan nilai sig (2 tailed) 0.001 < 0.05 dimana dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PIMCA dengan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...