Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): May-August 2024

Pengembangan Bahan Ajar Pembinaan Keagamaan Mualaf Center Kota Palopo

Ummah, Wihdatul (Unknown)
Nuryani, Nuryani (Unknown)
Zainuddin, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembinaan keagamaan bagi mualaf di Mualaf Center Kota Palopo, serta mengevaluasi efektivitas bahan ajar tersebut dalam mendukung proses pembinaan keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi wawancara, angket, dan validasi oleh para ahli (bahasa, materi, dan desain grafis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli bahasa (83,3%), ahli materi (78,1%), dan ahli desain grafis (92,8%). Uji praktis menunjukkan skor 81% dan uji efektivitas menghasilkan rata-rata 82%, yang menunjukkan bahwa bahan ajar sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembinaan. Kontribusi penelitian ini adalah menyediakan bahan ajar terstruktur yang mendukung pembelajaran mandiri dan meningkatkan pemahaman dasar agama bagi mualaf, serta memudahkan pembina dalam menyampaikan materi keagamaan secara lebih sistematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...