Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kebutuhan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis literasi sains di SMA Al-Azhar Medan. (2) Mengetahui hasil kelayakan oleh para ahli. (3) Mengetahui respon guru. (4) Mengetahui respon peserta didik. pengembangan ini dilakukan dengan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) yang dibatasi sampai tahap development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi LKPD oleh validator, lembar angket respon guru dan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang disusun telah memenuhi kriteria kelayakan yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan memperoleh nilai persentase rata-rata dari ahli materi sebesar 89,5% dengan kriteria “sangat layak” dan media sebesar 88,1% dengan kriteria "sangat layak". Penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains dengan konteks kembang api pada materi reaksi redoks sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia pada materi reaksi redoks.
Copyrights © 2024