Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada materi kalkulus peubah banyak pada tingkat menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III yang berjumlah 16 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup instrumen tes berupa soal tes dan instrumen non-tes berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tes dan analisis wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi berada pada kategori sedang dengan persentase 75%. Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam kategorinya adalah: (1) kategori tinggi sebanyak 2 mahasiswa (12,5%), (2) kategori sedang sebanyak 12 mahasiswa (75%), dan (3) kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (12,5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong, khususnya Program Studi Pendidikan Matematika, masih berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sedang dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi, hanya sedikit yang berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan untuk meningkatkan strategi pembelajaran dan pendekatan pedagogis yang dapat mendorong pengembangan HOTS secara lebih efektif di kalangan mahasiswa. Kontribusi dari penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih fokus pada peningkatan kemampuan berpikir analitis (C4), evaluatif (C5), dan kreatif (C6) mahasiswa. Dengan demikian, hasil ini penting bagi para pendidik dan pengelola program studi untuk merancang intervensi pendidikan yang lebih tepat sasaran guna meningkatkan kualitas pemahaman dan keterampilan berpikir mahasiswa, khususnya di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong.
Copyrights © 2024