Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024): September-December 2024

Visualisasi Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Candi Prambanan Bagi Mahasiswa Tadris IPS IAIN Kudus

Lestari, Karina Puji (Unknown)
Setiyani, Dewi (Unknown)
Rahmalina, Intan (Unknown)
Nadziroh, Siti Karomatun (Unknown)
Fu’adah, Laily (Unknown)
Fatah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Pendidikan Karakter merupakan salah satu urgensi pendidikan di Indonesia khususnya dalam dunia perkuliahan. Candi Prambanan merupakan salah satu sumber pembelajaran yang di dalamnya memuat relief-relief yang memiliki gambaran nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan contoh bagi kehidupan sehari-hari Mahasiswa Tadris IPS IAIN Kudus. Dalam penelitian ini memuat tujuan untuk mengetahui visualisasi dan implementasi nilai-nilai Pendidikan Karakter yang tertanam dalam relief-relief di Candi Prambanan. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode deskriptif analisis menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang terdapat dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengindikasikan dalam setiap relief yang ada di Candi Prambanan memberikan gambaran visual dari kualitas sebuah Pendidikan Karakter seperti nilai religius, kreatif, kerja keras, bersahabat atau komunikatif, dan perduli dengan lingkungan. Selain itu, melalui visualisasi nilai-nilai katakter tersebut dapat dijadikan contoh bagi mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari seperti, selalu berdo’a terlebih dalam melaksanakan pekerjaan, kreatif dan inovatif dalam bertindak, giat dan tekun dalam menghadapi tantangan, harus pandai membawa diri dalam situasi sosial apapun, dan ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian alam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...