Tingkat literasi digital yang tinggi dianggap sangat penting bagi mahasiswa karena dapat mendukung mereka dalam pembelajaran dan menyelesaikan berbagai masalah yang mereka hadapi dalam pekerjaan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul media & teknologi pendidikan berbasis model Self Organized Learning Environment (SOLE) yang valid dan praktis berorientasi pada kemampuan literasi digital. Jenis penelitian ini adalah Research & Development yang mengacu pada model pengembangan 3-D dengan tahapan Define, Design, dan Develop. Adapun subjek penelitian ini melibatkan 40 mahasiswa semester 5 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi prototipe e-modul, lembar validasi e-modul, dan lembar penilaian kepraktisan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan a) e-modul berbasis model SOLE dinyatakan valid berdasarkan penilaian prototipe e-modul sebesar 93,7% dengan kriteria sangat valid dan penilaian e-modul sebesar 89,7% dengan kriteria sangat valid, b) e-modul SOLE memenuhi kritera sangat praktis berdasarkan respon mahasiswa sebesar 86,05%, dan c) Hasil uji coba terbatas diperoleh sebanyak 97,5% mahasiswa menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat memfasilitasi kemampuan literasi digital. Kesimpulan penelitian ini adalah produk e-modul SOLE telah valid, layak, dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan literasi digital mahasiswa.
Copyrights © 2024