Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari-April 2025

Metode JURNAL Berbasis Platform Digital Kompasiana dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi di SMA

Putra, Natanael Ricky (Unknown)
Saryono, Djoko (Unknown)
Karkono, Karkono (Unknown)
Rofiuddin, Ah. (Unknown)
Widyartono, Didin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Tujuan artikel konseptual ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif bernama JURNAL. Metode JURNAL ini meliputi J=Jelajah, U=Ulas, R=Rangkai, NA=Narasi, dan L=Laporan. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi bagi siswa kelas 10 di SMA yang kemudian diunggah ke dalam platform digital Kompasiana sebagai bentuk luaran atau proyek. Metode baru ini tentu saja bertujuan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran teks laporan hasil observasi secara menyeluruh tanpa ada kekurangan. Langkah yang diciptakan juga diharapkan dapat menyesuaikan kemampuan menulis siswa. Urgensi pengembangan metode ini terletak pada kebutuhan siswa untuk memahami teks laporan secara menyeluruh, meningkatkan keterampilan menulis yang adaptif, serta mengembangkan literasi digital sesuai tuntutan abad ke-21. Dengan pendekatan konseptual, artikel ini menawarkan solusi yang mengintegrasikan dan mengombinasikan pembelajaran literasi dengan teknologi digital. Hasil artikel ini adalah terbentuknya konsep strategi inovatif dengan metode JURNAL dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...