Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 2, No 1 (2025): Maret 2025

Study Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Di SDN 060868

Auliae, Faeruza (Unknown)
Ardyansyah, Farhan (Unknown)
Azzahra, Fatikha (Unknown)
Revanisyah, Muthia (Unknown)
Sinaga, Satri (Unknown)
Lubis, Silva Rosalina (Unknown)
Lubis, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Minat belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar merupakan faktor penting dalam pencapaian hasil belajar siswa. Namun, minat belajar siswa sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VI di SDN 060868 terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu metode pengajaran guru, partisipasi orang tua, ketersediaan media pembelajaran, serta motivasi siswa. Guru yang menggunakan metode pembelajaran inovatif cenderung meningkatkan minat belajar siswa, sedangkan kurangnya dukungan dari orang tua menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan adanya strategi pembelajaran yang lebih menarik serta keterlibatan aktif orang tua dalam mendukung pendidikan anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...