Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Tinjauan Pandangan Guru Terhadap Perkembangan Karir dan Kompetensi Pengajar

Lediana Sinurat (Unknown)
Hamonangan Ambarita (Unknown)
Wildansyah Lubis (Unknown)
Arif Rahman (Unknown)
Saut Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Pengembangan karir dan peningkatan kompetensi guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan guru mengenai aspek tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan guru yang memiliki latar belakang pengalaman mengajar yang beragam. Hasil penelitian mengungkap bahwa mayoritas guru memiliki pandangan positif terhadap pengembangan karir dan kompetensi mereka, khususnya dalam aspek pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Namun, masih terdapat kendala seperti terbatasnya akses terhadap pelatihan profesional serta minimnya dukungan institusional. Untuk meningkatkan persepsi guru, disarankan strategi yang berfokus pada pengembangan diri, publikasi ilmiah, serta inovasi dalam metode pembelajaran. Penelitian ini memberikan pemahaman kepada pemangku kebijakan dalam menyusun program yang lebih optimal untuk meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...