Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Supat Kecamatan Babat Supat

Atika, Meiltia (Unknown)
Aulia, Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Supat, Kecamatan Babat Supat, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang terdiri empat tahan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, menerapkan beberapa langkah-langkah, yaitu pembentukan kelompok, pembagian materi, kelompok ahli, pembelajaran saling mengajar, diskusi dan refleksi. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa meningkat dari 61,95% (Pra-Siklus) menjadi 63,91% (Siklus I) dan 77,39% (Siklus II), dengan peningkatan 1,96% dari Pra-Siklus ke Siklus I dan 13,48% dari Siklus I ke Siklus II. Meskipun ada kendala, seperti kesulitan mengungkapkan pendapat dan kurangnya bimbingan, upaya yang dilakukan berhasil mendukung keberhasilan pembelajaran dan menunjukkan pentingnya lingkungan belajar yang kondusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...