Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS KESESUAIAN MATERI DALAM BUKU SUPER DEUTCH KELAS 12 TERHADAP TUJUAN PEMBELAJARAN LEKTION 1 EDISI REVISI 2020 PADA KURIKULUM K13

Tri Ningtias (Unknown)
Sarah Diva Silaban (Unknown)
Danis Ladies (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kritis terhadap kesesuaian materi dalam buku “Super Deutsch” kelas 12, khususnya pada Lektion 1 edisi revisi 2020, dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013 (K13). Tujuan pembelajaran yang diharapkan meliputi: 1) Demonstrasi, 2) Persetujuan dan ketidaksetujuan, 3) Mengajak, 4) Meminta izin, 5) Melarang, 6) Harapan dan doa, 7) Pendapat dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulisan pendek dan sederhana, 8) Memperhatikan fungsi sosial, 9) Struktur teks, dan 10) Unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks. Hasil analisis menunjukkan bahwa materi pada Lektion 1 tidak mencakup beberapa kompetensi esensialdan ketidaksesuaian terhadap tujuan pembelajaran yang diinginkan. Ketidaksesuaian ini berpotensi menghambat pencapaian kompetensi yang diharapkan dalam K13, mengingat pentingnya setiap komponen dalam membentuk kemampuan berbahasa yang komprehensif. Selain itu, dengan mempertimbangkan standar yang ditetapkan dalam “Profile deutsch”, yang mengacu pada Kerangka Acuan Eropa untuk Bahasa dan menyediakan sistem terbuka serta fleksibel untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Jerman, diperlukan revisi dan penyesuaian materi dalam buku “Super Deutsch” agar selaras dengan tujuan pembelajaran K13. Hal ini penting untuk memastikan bahwa seluruh kompetensi dasar tercakup dan disajikan dalam urutan yang logis serta pedagogis, sehingga mendukung ketercapaian standar kompetensi internasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...