Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kritis terhadap kesesuaian materi dalam buku “Super Deutsch” kelas 12, khususnya pada Lektion 1 edisi revisi 2020, dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013 (K13). Tujuan pembelajaran yang diharapkan meliputi: 1) Demonstrasi, 2) Persetujuan dan ketidaksetujuan, 3) Mengajak, 4) Meminta izin, 5) Melarang, 6) Harapan dan doa, 7) Pendapat dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulisan pendek dan sederhana, 8) Memperhatikan fungsi sosial, 9) Struktur teks, dan 10) Unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks. Hasil analisis menunjukkan bahwa materi pada Lektion 1 tidak mencakup beberapa kompetensi esensialdan ketidaksesuaian terhadap tujuan pembelajaran yang diinginkan. Ketidaksesuaian ini berpotensi menghambat pencapaian kompetensi yang diharapkan dalam K13, mengingat pentingnya setiap komponen dalam membentuk kemampuan berbahasa yang komprehensif. Selain itu, dengan mempertimbangkan standar yang ditetapkan dalam “Profile deutsch”, yang mengacu pada Kerangka Acuan Eropa untuk Bahasa dan menyediakan sistem terbuka serta fleksibel untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Jerman, diperlukan revisi dan penyesuaian materi dalam buku “Super Deutsch” agar selaras dengan tujuan pembelajaran K13. Hal ini penting untuk memastikan bahwa seluruh kompetensi dasar tercakup dan disajikan dalam urutan yang logis serta pedagogis, sehingga mendukung ketercapaian standar kompetensi internasional.
Copyrights © 2025