Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 3 No. 2 (2024): December

PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sri Rezeki, Luviani (Unknown)
Nugraha, Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPAS khususnya materi mengubah bentuk energi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, peningkatan dan Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbasis Socio Scientific Issue. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan yaitu tes, wawancara, obervasi, dan angket. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kabandungan. Hasil pengolahan data menunjukan perolehan nilai rata-rata dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest yang sebelum penggunaan model Project Based Learning berbasis Socio Scientifiec Issue mendapat rata-rata 59,1 dan kelas posttest mendapat nilai rata-rata 77. Kesimpulan pada penelitian ini dapat diartikan bahwa Project Based Learning berbasis Socio Scientific Issue lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...