MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 12 No 1 (2025): Maret

Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar

Dewi, Wahyu Candra (Unknown)
Sritini, Sritini (Unknown)
Soedjono, Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Melalui studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan observasi, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung pendidikan inklusif di SD Negeri Klepu 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang partisipatif dan transformasional berkontribusi pada peningkatan motivasi guru dan keterlibatan siswa. Meskipun terdapat program penghargaan dan kurikulum yang fleksibel, tantangan seperti keterbatasan pelatihan guru dan stigma sosial masih menjadi hambatan dalam implementasi pendidikan inklusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan inklusif memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk orang tua, masyarakat, dan pemerintah.

Copyrights © 2025