ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 8 No. 1 (2025): Februari 2025

Desain penelitian tindakan kelas berbasis ethno-science di MTs-MA Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 2 Muria Kabupaten Kudus untuk meningkatkan profesionalisme guru

Sumarni, Woro (Unknown)
Kadarwati, Sri (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Wibawanto, Wandah (Unknown)
Findayani, Aprillia (Unknown)
Huda, Nuril (Unknown)
Fadhilah, Nurul (Unknown)
Budiyanto, Teguh (Unknown)
Hidayah, Aida Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Guru-guru di MTs dan MA Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria Kabupaten Kudus sebagian besar belum mengenal tentang pendekatan ethno-science dalam pembelajaran di sekolah. Guru juga belum pernah merancang dan melakukan PTK, terlebih yang mengintegrasikan dengan pendekatan ethno-science. Padahal, pendekatan ethno-science mampu memperbaiki proses pembelajaran di kelas dengan membekali siswa dengan keterampilan abad 21. Selain itu, mampu merancang dan melaksanakan PTK adalah satu dari kriteria professionalisme guru dalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan guru-guru untuk merancang PTK berbasis ethno-science bagi guru-guru MTs dan MA Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan pakar-pakar penelitian kependidikan baik bidang saintek maupun soshum. Kegiatan dibagi dalam tiga tahap yaitu seminar, workshop (pendampingan) dan umpan-balik. Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari khalayak sasaran dilihat dari kuisionaer yang diisi oleh peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu guru-guru di MTs dan MA Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria Kabupaten Kudus untuk dapat melakukan perbaikan proses pembelajaran selain meningkatkan profesionalisme mereka sebagai tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...