Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 4 (2024)

Peranan Layanan Konseling Individual Dalam Penanganan Dan Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Studi Di SMALB Negeri 2 Kota Tanjungpinang

Sekar Kurnia Rahmadani (Unknown)
Firman (Unknown)
Netrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Riset memiliki tujuan untuk memahami ragam bentuk serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan anak tuna netra, dan peran layanan konseling individu dalam mengatasi dan meningkatkan hal tersebut. Riset ini adalah studi kasus yang akan fokus pada dua anak tuna netra yang tergolong dalam kategori buta total sejak lahir, bersekolah di SMALB Negeri 1 Kota Piring, Tanjung pinang Timur. Penelitian ini akan meneliti kepercayaan diri anak-anak tuna netra di SMALB Negeri 1 Kota Piring, Tanjung pinang Timur sebagai subjeknya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung, partisipasi dalam kegiatan, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu upaya konselor dalam peranan layananan konseling individual terhadap kepercayaan diri anak tuna netra adalah membantu untuk melaksanakan Fungsi-fungsi utama dari bimbingan & konseling meliputi fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, serta fungsi pemeliharaan atau pengembangan. Upaya yang dilakukan oleh konselor dalam penyediaan layanan konseling bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan dampak yang baik terhadap tingkat rasa percaya diri anak tuna netra yang sebesar-besarnya terhadap kelangsungan hidup anak tuna netra, khususnya dalam bidang tertentu yang menjadi fokus layanan konseling individual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...