Dominannya hegemoni ini bukan berarti tidak bisa ditolak. Akan tetapi inilah tantangan pemikiran global yang harus dihadapi dengan penanganan serius. Terutama dalam hal fundamental pendidikan sebagai institusi yang memiliki otoritas akan ilmu. Maka disini pemahaman tauhid dalam islam sangat dibutuhkan penelitian ini membahas konsep Tauhid dalam membangun ilmu yang menjadi bagian konstruksi kajian keislaman dalam pandangan Ismail Raji al-Faruqi. Sebagai seorang pemikir Muslim kontemporer, al-Faruqi berpandangan bahwa tauhid merupakan sesuatu yang substansial serta berimplikasi dalam beragam dimensi kehidupan Manusia. Karena integrasi tauhid dalam dimensi kehidupan yang bersifat komprehensif, penulis menemukan bahwa paradigma tauhid al-Faruqi ini secara epistemologi memiliki hubungan yang sangat erat dengan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kajian ini mencoba merumuskan penalaran epistemologi pendidikan tersebut. Upaya ini diharapkan memberikan spirit kehidupan manusia yang berbasiskan tauhid dalam segala aspek kehidupannya.
Copyrights © 2025