Keberadaan buku teks secara langsung dapat menunjang pencapaian kurikulum. Buku suplemen yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP. Karena belakangan banyak orang yang menggugat bahwa pendidikan agama Islam justru mengajarkan intoleransi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model dari penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yakni define, design, develop, dan disseminate. penelitian ini telah menghasilkan sebuah produk berupa buku suplemen materi toleransi untuk siswa SMP kelas IX dengan hasil dan pokok yang dapat dijelaskan (1) Konsep toleransi pada buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP meliputi tafakur, pantun Islami, thalabul ilmi, ikhtisar, uswatun hasanah, mari bermuhasabah, mari berlatih, dan kreativitas generasi muslim. (2) Isi materi berkaitan dengan toleransi pada buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP yang dikembangkan mendapatkan kategori layak digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran. (3) Pengembangan buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP dilakukan melalui revisi-revisi, sehingga produk yang dihasilkan siap digunakan untuk khalayak umum.
Copyrights © 2025