Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TERHADAP KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, COLLABORATION, COMUNICATION, CREATIVITY)

Muliana, Muliana (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)
Khusna, Rizka Walida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen penilaian terhadap keterampilan 4C. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah calon guru Pendidikan matematika Universitas Malikussaleh dengan jumlah 35 orang. Kelayakan media mengacu pada hasil penilaian ahli materi dan ahli bahasa. Hasil kelayakan produk oleh ahli materi I yaitu sebesar 90% dengan kategori sangat valid, ahli materi II yaitu sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan ahli Bahasa I sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan ahli Bahasa II sebesar 94% dengan katagori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh ahli materi dan ahli bahasa, maka produk dinyatakan layak, maka instrumen penilaian yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria laayak digunakan. Lebih lanjut, kepraktisan penggunaan produk terlihat dari hasil respon calon guru pendidikan matematika terhadap intrumen penilaian terhadap keterampilan 4C yang dikembangkan, dimana hasil persentase didapatkan yaitu 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk instrumen penilaian, maka dapat disimpulkan intrumen penilaian keterampilan 4C yang dikembangkan layak dan praktis digunakan bagi calon guru Pendidikaan Matematika Universitas Malikussaleh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...