Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa MAN 3 Aceh Utara kelas X-4 yang berjumlah 14 siswa, selanjutnya subjek yang dipilih sebanyak 6 siswa berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa didapatkan 2 dari 14 siswa berkemampuan tinggi dengan persentase 14,285%, 2 dari 14 siswa berkemampuan sedang dengan persentase 14,285% dan 10 dari 14 siswa berkemampuan rendah dengan persentase 71,428%. Dari persentase di atas terlihat bahwa secara keseruhan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas X-4 MAN 3 Aceh Utara tergolong masih rendah. Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kriteria Watson meliputi prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), data hilang (omitted data), kesimpulan hilang (omitted conclusion), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), masalah hierarki keterampilan (skill hierarchy problem) dan selain ketujuh kesalahan (above other). Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal adalah terutama yaitu faktor ketidakmampuan siswa dalam mengingat, kurangnya waktu dalam mengerjakan soal, kurangnya ketelitian dan kesabaran, dan kurangnya pengalaman latihan terhadap soal yang serupa.
Copyrights © 2025