Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning materi pengaruh manusia terhadap ekosistem dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), yaitu model 4-D (four D model) yang memiliki 4 tahapan, yaitu: define, design, development, serta disseminate, dan dibatasi pada tahap penyebaran (disseminate) yang hanya sampai uji coba terbatas saja. Instrumen yang dipakai adalah lembar angket validasi, lembar observasi pembelajaran dan angket respon siswa. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 81,25% dan termasuk kategori “valid”, sedangkan validasi ahli bahan ajar memperoleh nilai sebesar 94,63% dan termasuk kategori “sangat valid”. Maka, ketika nilai persentase tersebut dihitung rata-ratanya, diperoleh nilai sebesar 87,94% dan termasuk kategori “sangat valid”. Untuk efektivitas penggunaan LKPD berbasis problem based learning, dari penilaian observer mendapatkan nilai sebesar 89,24% dan termasuk kategori “sangat baik”. Kemudian, hasil respon siswa mendapatkan nilai sebesar 84,26% dan termasuk kategori “sangat baik” pula. Sehingga, LKPD berbasis problem based learning materi pengaruh manusia terhadap ekosistem, efektiv untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025