Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIRTUAL TOUR TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI ENDEMIK KALIMANTAN TIMUR

Aliffiyah, Anggie (Unknown)
Maasawet, Elsje Theodora (Unknown)
Tindangen, Makrina (Unknown)
Rambitan, Vandalita Maria Magdalena (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di bawah bimbingan Ibu Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd., dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media virtual tour berdampak pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tentang materi keanekaragaman hayati endemik di Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji independent sample t-test dengan taraf signifikasi 5% digunakan untuk analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Virtual Tour terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (0,000 0,005) dan hasil belajar siswa (0,001 0,005).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...