Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS JOTFORM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII PADA TEMA MENCAIRNYA ES KRIM

Andien, Shinji Shalsabila (Unknown)
Taufik, Annisa Novianti (Unknown)
Berlian, Liska (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini didasari permasalahan mengenai alat evaluasi pada mata pelajaran IPA yang digunakan di SMP belum mengembangkan instrumen dengan semua indikator problem solving sehingga siswa belum dilatih pada kemampuan problem solving. Berdasarkan analisis masalah maka dikembangkanlah instrumen tes untuk melatih kemampuan problem solving siswa kelas VII tema mencairnya es krim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan siswa pada instrumen tes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (RD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan sampai tiga tahap, yaitu tahap Analysis, Design, dan Development pada keterbacaan instrumen tes. Instrumen yang digunakan untuk uji keterbacaan yaitu lembar angket siswa. Subjek uji keterbacaan pada penelitian ini, yaitu 46 siswa SMP kelas VII. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan berdasarkan persentase rata-rata sebesar 86,78% dengan kategori “Sangat Valid” sehingga instrumen tes untuk melatih kemampuan problem solving siswa kelas VII tema mencairnya es krim dapat digunakan untuk alat evaluasi. Setelah produk direvisi, maka dilakukan reduksi soal yang memperoleh persentase keterbacaan sebesar 81,23% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga produk instrumen tes telah memenuhi syarat uji keterbacaan dan dinilai layak untuk digunakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...