JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 2 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Implementasi Akreditasi Dayah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Aceh (Studi Kasus Dayah Darul Wustha Labuhan Haji Aceh Selatan)

Mirsal, Ilham (Unknown)
Fuadi, Anwar (Unknown)
Rani, Samsul (Unknown)
Nuwairah, Nahed (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Dayah / boarding school accreditation in Aceh is a comprehensive assessment process of the feasibility of dayah education units based on 8 standards set by the Aceh Dayah Accreditation Board (BADA), in order to realize the form of recognition and feasibility rating (typology) of dayah issued by the Aceh Government. This research was conducted to find out and describe the implementation of Aceh Dayah Accreditation in improving the quality of dayah education by using the system and mechanism of dayah accreditation in 2022-2023. The method used is descriptive qualitative with interview, observation, and documentation techniques. The results show that the implementation of accreditation is in accordance with the SOP, with the acquisition of typology A+ at Dayah Darul Wustha Labuhaji.ABSTRAKAkreditasi dayah/pesantren di Aceh merupakan suatu proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan dayah berdasarkan 8 standar yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Dayah Aceh (BADA), guna mewujudkan bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan (tipologi) dayah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Aceh. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Akreditasi Dayah Aceh dalam meningkatkan mutu pendidikan dayah dengan menggunakan sistem dan mekanisme akreditasi dayah tahun 2022-2023. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan akreditasi sesuai dengan SOP, dengan perolehan tipologi A+ pada Dayah Darul Wustha Labuhaji.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...