Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 5, Nomor 1 Maret 2025

UPAYA PENERAPAN BUDAYA MAPPATTABE’ PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QUR’AN NURUL ASYKAR BTN PEPABRI SIDRAP

Azzahra, Aisyah Zakiah (Unknown)
Ahmad, M.Ridwan Said (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Penyebab memudarnya budaya mappattabe’ pada santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Asykar BTN Pepabri Sidrap dan 2) Upaya penerapan budaya mappattabe’ pada santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Asykar BTN Pepabri Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang diantaranya, 1 kepala pondok pesantren, 3 guru, 3 pembina dan 5 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu: 1) Kepala pondok pesantren, 2) guru, 3) Pembina, 4) Siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penyebab memudarnya budaya mappattabe’ pada santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Asykar BTN Pepabri Sidrap yaitu: a) Pengaruh lingkungan, b) Perkembangan zaman, c) Tidak peduli terhadap budaya lokal. 2) Upaya penerapan budaya mappattabe’ pada santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Asykar BTN Pepabri Sidrap yaitu: a) Pembinaan akidah akhlak, b) Pembekalan dan praktek dakwah, c) Kajian rutin, d) Pengabdian masyarakat, e) Pengenalan nilai-nilai yang relevan, c) Pelaksanaan sosialisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...