Pembinaan Pramuka memiliki peran penting dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam kegiatan Pramuka. Namun, masalah rendahnya keaktifan dan antusiasme siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pembina Pramuka dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa di SDN Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan 12 siswa golongan penggalang dan pembina Pramuka sebagai subjek penelitian, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan partisipasi siswa. Hasil menunjukkan bahwa pembina Pramuka memainkan peran signifikan dalam menarik minat siswa melalui pendekatan komunikatif, materi variatif, dan metode kegiatan yang menyenangkan. Partisipasi siswa meningkat ketika kegiatan melibatkan permainan kreatif, petualangan, dan diberikan penghargaan atas partisipasi aktif. Kesimpulannya, Pembina Pramuka berperan krusial dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan membangkitkan minat siswa untuk berpartisipasi aktif, yang dapat diterapkan dalam pengembangan kegiatan ekstrakurikuler lainnya di sekolah dasar.
Copyrights © 2025