Jurnal Edukasi
Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi

Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 15 Sungai Raya

Masrini, Masrini (Unknown)
Setyowati, Dessy (Unknown)
Al Farisi, Salman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 15 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan, yaitu quasi eksperimental design. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh model quantum teaching, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Populasi yang termasuk dalam penelitian ini, yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen di SDN 15 Sungai Raya. Kelas IV berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Sementara itu, kelas IV B berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A (kelas kontrol) dan IV B (kelas eksperimen) SDN 15 Sungai Raya. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan sampel jenuh (total sampling). Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan soal tes. Teknik pengumpulannya menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test (independent sample t-test) yang didahului dengan uji prasyarat, yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model quantum teaching dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model quantum teaching. Hal ini ditunjukan dengan hasil t-test, yaitu thitung 5.699 > ttabel 2.003 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil rata-rata memperoleh nilai post-test kelas eksperimen sebesar 78,21 lebih baik dari hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol, yaitu sebesar 66,83 pada KKM yang ditentukan, yaitu 69.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...